Thursday 13 April 2023

Meneladani Dakwah Rasulullah


Di masa permulaan dakwah, Rasulullah SAW menyebarkan ajaran Islam secara sembunyi-sembunyi. Rasulullah berdakwah kepada keluarganya terlebih dahulu. Seiring dengan berjalannya waktu, Rasulullah mulai menyebarkan Islam kepada tetangga dan kerabatnya yang lainnya. Dakwah Rasulullah yang sembunyi-sembunyi itu kemudian mulai terbuka ketika Allah menurunkan perintah kepada Rasulullah. Allah mengutus Rasulullah untuk mendakwahkan Islam kepada masyarakat Mekkah secara terang-terangan dan lebih luas lagi.

Apa yang dilakukan Rasulullah dalam dakwah menjadi pedoman untuk kita ikuti, itulah yang menjadi langkah syar’i untuk para pengemban dakwah dalam berdakwah. Rasulullah telah mencontohkan bagaimana tahapan dakwah yang dilakukan oleh Rasulullah.

Pertama, Rasulullah membina para sahabat di Darul Arqam. Pembinaan tentu saja yang paling mendasar adalah akidah karena akidah adalah pondasi yang akan mendasari seseorang dalam berpikir, bersikap. Mereka mau berbuat, berkorban untuk memperjuangkan Islam Kaffah karena keyakinannya yang kuat tentang apa saja yang dikabarkan Allah dan Rasul-Nya. Di samping akidah, perlu juga dibangun tsaqafah Islam dan pentingnya dakwah. karena Islam tidak hanya untuk kebaikan diri sendiri tetapi harus disampaikan pada orang lain.

Kedua, setelah adanya perintah Allah bahwa dakwah itu harus terbuka, sebagaimana firman Allah SWT:

فَاصْدَعْ بِمَا تُؤْمَرُ وَاَعْرِضْ عَنِ الْمُشْرِكِيْنَ  
“Maka sampaikanlah olehmu secara terang-terangan segala apa yang diperintahkan (kepadamu) dan berpalinglah dari orang-orang yang musyrik” (QS Al Hijr ayat 94)

Tahapan marhalah selanjutnya adalah berinteraksi dengan masyarakat. Dari para sahabat yang sudah dibina tadi, maka mulailah dilakukan interaksi dengan masyarakat dimana Rasulullah dan para sahabat keluar di Mekkah untuk menyampaikan buruknya praktik-praktik jahiliyah, buruknya adat istiadat mereka dan kemudian memberikan solusi Islam, menyadarkan mereka agar taat, patuh dan kembali kepada Allah. Nah itu yang dilakukan oleh Rasulullah dan para sahabat dalam tahapan dakwah yang harus diikuti agar terwujud Islam kaffah.

Ketiga, menerima kekuasaan dari umat. Dengan dukungan umat bisa diraih ketika apa yang sudah disampaikan itu menjadi opini pemahaman umat. Khilafah tegak untuk menerapkan hukum-hukum Allah.


0 comments:

Post a Comment