Friday 14 April 2023

Untuk Para Pengemban Dakwah


Dari Tsauban radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَا تَزَالُ طَائِفَةٌ مِنْ أُمَّتِي ظَاهِرِينَ عَلَى الْحَقِّ، لَا يَضُرُّهُمْ مَنْ خَذَلَهُمْ حَتَّى يَأْتِيَ أَمْرُ اللَّهِ وَهُمْ كَذَلِكَ

“Senantiasa ada sekelompok ummatku yang dimenangkan atas kebenaran, tidak akan membahayakan mereka orang yang memusuhinya hingga hari Kiamat, sedangkan mereka tetap seperti itu.” (HR. Muslim).

Hadits ini memberi keyakinan kepada orang Islam bahwa sepanjang zaman akan selalu ada kelompok yang menegakkan kebenaran dan bersabar dengannya, serta melawan orangorang yang berbuat batil dan dimenangkan atasnya … Hadits ini mendorong orang Islam untuk bersamanya. Dalam hadits ini, seakan-akan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang hidup bersama kaum Muslim di periode ini dan mendorong kaum Muslim untuk mendukung kelompok tersebut.

Dari Tamin ad-Dari radhiyallahu ‘anhu berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَيَبْلُغَنَّ هَذَا الْأَمْرُ مَا بَلَغَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ، وَلَا يَتْرُكُ اللَّهُ بَيْتَ مدر ولَا وَبَرٍ إِلَّا أَدْخَلَهُ اللَّهُ هَذَا الدِّينَ بِعِزِّ عَزِيزٍ، أَوْ بِذُلِّ ذَلِيلٍ، عِزًّا يُعِزُّ اللَّهُ بِهِ الْإِسْلَامَ، وَذُلًّا يُذِلُّ اللَّهُ بِهِ الْكُفْرَ

“Perkara (Islam) ini akan merebak ke segenap penjuru yang ditembus oleh siang dan malam. Allah tidak akan membiarkan ada satu rumah pun, baik di kota maupun di pelosok desa, melainkan akan dimasuki oleh Islam, sehingga yang mulia jadi mulia dan yang hina jadi terhina, di mana Allah akan memuliakannya dengan Islam dan menghinakannya dengan kekufuran.” (HR. Ahmad).

Hadits ini menjelaskan bahwa Islam tersebar luar hingga mencapai negeri-negeri yang ditembus oleh siang dan malam, artinya bahwa kekuasaan Islam akan meliputi seluruh dunia. Hadits ini merupakan kabar gembira bagi sahabat Tamim ad-Dari, juga merupakan kabar gembira bagi setiap Muslim yang beriman kepada perkara ghaib setelahnya.

Dari Ubay bin Ka’ab radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

«بَشِّرْ هَذِهِ الْأُمَّةَ بالسَّناء، والرِّفْعَةِ، وَالدِّينِ، وَالنَّصْرِ، وَالتَّمْكِينِ فِي الْأَرْضِ»

“Sampaikan kabar gembira kepada umat ini dengan kemuliaan, kedudukan, agama, kemenangan dan kekuatan di muka bumi.” (HR. Ahmad).

Hadits ini menjelaskan kabar gembira tentang pertolongan dan kekuatan yang akan diberikan oleh Allah kepada umat ini, serta kemenangannya atas musuh-musuhnya dari berbagai bentuknya, bahwa umat ini berada dalam kemuliaan, posisi dan kedudukan yang tinggi, serta kesudahan yang baik, di mana semua ini menunjukkan bahwa posisi umat secara internasional adalah yang tertinggi di antara negara-negara.

Dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

«تَكُونُ النُّبُوَّةُ فِيكُمْ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ تَكُونَ، ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا، ثُمَّ تَكُونُ خِلَافَةٌ عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ، فَتَكُونُ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ تَكُونَ، ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا، ثُمَّ تَكُونُ مُلْكًا عَاضًّا، فَيَكُونُ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ يَكُونَ، ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا، ثُمَّ تَكُونُ مُلْكًا جَبْرِيَّةً، فَتَكُونُ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ تَكُونَ، ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا، ثُمَّ تَكُونُ خِلَافَةً عَلَى مِنْهَاجِ نُبُوَّةٍ»

“Ada di tengah kalian masa kenabian dan akan terus ada sesuai kehendak Allah. Kemudian Dia mengangkatnya jika Dia berkehendak mengangkatnya. Kemudian ada Khilafah ‘ala minhājin nubuwah, dan akan terus ada sesuai kehendak Allah. Kemudian Dia mengangkatnya jika Allah berkehendak mengangkatnya. Kemudian ada kekuasaan yang menggigit (mulkan ‘ādhdhan) dan akan terus ada sesuai kehendak Allah. Kemudian Dia mengangkatnya jika Dia berkehendak mengangkatnya. Kemudian ada kekuasaan diktator (mulkan jabriyyatan) dan akan terus ada sesuai kehendak Allah. Kemudian Dia mengangkatnya jika Dia berkehendak mengangkatnya. Kemudian ada khilafah ‘ala minhājin nubuwah.” (HR. Ahmad).

Hadits ini berisi keyakinan apa yang akan datang setelahnya, bahwa agama ini akan memiliki kekuatan di akhir zaman yang akan menghilangkan kesedihan, mimpi buruk dan jauhnya dari agama. Hadits ini juga menjelaskan keistikamahan umat ini secara utuh atas perkara yang ditinggalkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dalam menjalankan perintah Allah: penerapan, dakwah, jihad dan penyebaran … serta menjalaskan kehancuran, kekalahan dan kerugian yang akan dialami oleh musuh-musuhnya. Hadits ini adalah salah satu di antara hadits-hadits yang paling jelas dalam memberikan kabar gembira kepada kaum Muslim saat ini, di mana mereka telah melihat tanda-tanda kembalinya Khilafah Rasyidah. Apa yang dilihat oleh kaum Muslim ini juga dilihat oleh musuh-musuh agama. Oleh karena itu, mereka begitu takut hingga berkomplot melawannya, sementara kaum Muslimin sangat bergembira karenanya.

Wahai Para pengemban Dakwah, Sambutlah Allah ketika Dia memanggilmu, sebagaimana Allah SWT berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَجِيْبُوْا لِلّٰهِ وَلِلرَّسُوْلِ اِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيْكُمْۚ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ يَحُوْلُ بَيْنَ الْمَرْءِ وَقَلْبِهٖ وَاَنَّهٗٓ اِلَيْهِ تُحْشَرُوْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan Rasul (Nabi Muhammad) apabila dia menyerumu pada sesuatu yang memberi kehidupan kepadamu! Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dengan hatinya dan sesungguhnya kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan.”(TQS Al Anfal : 24)

Wallahu a'lam bishawab


0 comments:

Post a Comment