Ulang Tahun, Panjang Umur Atau Pendek Umur?

Tentu hal yang paling pertama terpikir di benak para penbaca adalah saya lagi ulang tahun. Benar gak? Padahal mah boong, tapi yang akan dibahas kali ini yaitu betapa pentingnya ulang tahun itu jika kita sudah melewati masa ulang tahun kita. Kenapa penting? Yuk baca kelanjutan dari artikel ini.

Saya masih ingat sewaktu masih sekolah di bangku SD kelas 6 saya tengah berdiam diri di pinggiran koridor lantai 2. Dulu saya orangnya memang pendiam. (sekarang?). tiba-tiba datanglah
seorang murid yang membawakanku sebungkus tanggo sambil mengucapkan “selamat ulang tahu ya. Semoga panjang umur”. Tanpa sadar tanggal itu adalah tanggal dimana aku dilahirkan oleh ibuku. Lalu apa yang saya laukan selanjutnya? Ya.. saya makan aja lah mungkin ini yang dinamakannya rezeki, daripada gak dimakan mubazir dosa kan. Kemudian apa yang aku lakukan ketika sampai rumah? Ya biasa aja kalee.. namanya juga anak kecil maen tinggal maen.

Tapi tanpa kusadari akhirnya kuingat masa SD ku dulu ketika aku berumur 11 tahun. Kalo dibandingin umur yang sekarang mungkin berbeda jauh. Tapi tanpa kita sadari apa yang telah kita lakukan untuk umur yang sudah kita lewatkan sampai sekarang. Apakah sia-sia ayau penuh manfaat? Jawabannya ada pada diri masing-masing.

Yang jadi pertanyaan di sini apa benar yang dikatakan teman saya bahwa semoga panjang umur itu bisa. Sedangkan yang menentukan unur seseorang adalah Allah SWT. Dan bukannya semakin kita tambah tua semakin berkurang umur kita atau bisa dikatakan umur kita semakin pendek. Pernah denger lagunya ‘Raihan’ yang lagunya tentang manfaatkanlah lima hal sebelum datangnya lima hal.

1. Manfaatkanlah hidup sebelum datangnya kematian

2. Manfaatkanlah kesehatan sebelum datangnya kesakitan

3. Manfaatkanlah waktu luang sebelum datangnya waktu sempit

4. Manfaatkanlah masa muda sebelum datangnya masa tua

5. Manfaatkanlah kekayaan sebelum datangnya kemiskinan

Na, mungkin poin pertama yang disini harus lebih kita perhatikan. (tapi jangan lupain juga poin yang lainnya ya..). siapa yang tahu takdir kita ada di pihak yang mana yang duluan. Tapi setidaknya kita harus persiapkan diri kita untuk menyongsong kehidupan depan. Segala hal yang kita lakukan percuma tanpa disertai niatan yang kuat dan tawakkal pada diri Allah SWT. Sebagai pedoman jalan hidup kita. So, jangan lagi berpandangan bahwa ulang tahun itu hari yang harus kita rayakan. Bentang-bentang cuma ada setahun sekali trus harus kita hargai gitu? Ya gak harus lah. Tapi kita bisa melihat mana yang lebih penting yang harus kita lakukan untuk kebaikan kita. Dan ingat! Ulang tahun itu pertanda bahwa kita sudah mulai mendekati ajal kita. Dan apakah kita sudah mempersiapkannya?


Share On:

1 comments:

  1. Bagus! Cukup menginspirasi. Semoga kita semua termasuk hamba Allah yang pandai bersyukur atas kesempatan hidup di dunia. Ok?!

    ReplyDelete